Langsung ke konten utama

Halaman

Sebelum Menulis Ketahui Perbedaan Tema, Topik, dan Judul Beserta Contohnya Nih!

Hi, Milenials friend , thank you sudah mengunjungi Blog ini ya. Kali ini Aku mau share dan sekedar mengingatkan kembali hal dasar dalam menulis yaitu menentukan Tema, Topik, dan Judul tulisan. 

Kamu yang suka dengan bidang menulis di platform digital, sebaiknya tidak melupakan hal dasar tersebut. Tujuanya, agar hasil karya tulisan yang dibuat lebih utuh dan enak dibaca. 

Berawal dari Video Tik tok yang pernah Aku buat tentang Tips Menulis Artikel bagi Pemula, beberapa audiens bertanya soal bagaimana cara menentukan tema atau riset tema ketika hendak membuat karya tulis. 



Cuplikan Video Tik tok Aku

Cover Video Tik tok nya

 

Sekedar cerita, video tentang tutorial nulis blog yang Aku buat ini mendapatkan hampir 4.000 viewers. Ada beberapa komentar yang bertanya seputar cara untuk riset tema blog dengan mudah, seperti apa?

Jika Kamu juga pemula dalam bidang penulisan digital, atau ingin mulai membuat blog sendiri, Yuk, kita sama-sama mengingat kembali pengertian dari tema, topik, dan judul dalam penulisan:

Apa itu Tema dalam Karya Tulis Digital?

Ketika hendak menulis suatu karya tulis digital, baik dalam bentuk artikel, blog, karusel, hingga caption di sosial media, maka urutan pertama yang harus kamu tentukan adalah Tema dari tulisannya.

Tema merupakan pokok pikiran yang paling dasar, yang akan Kamu tulis atau ceritakan dalam karya tulis tersebut.

Tema tidak bisa dijabarkan menjadi lebih rinci. Tema merupakan kata yang sudah mengandung permasalahan utama dengan lebih jelas dan terarah.

Seorang penulis yang sudah menentukan tema sebelum menulis, akan bisa menentukan tujuan, sudut pandang, dan maksud dari tulisan yang akan dibuat.

Apa Itu Topik dalam Karya Tulis Digital?

Jika Kamu sudah menentukan sebuah tema untuk tulisan yang akan dibuat, langkah selanjutnya adalah menentukan topik dari tema yang sudah diambil tadi.

Topik dalam penulisan digital biasanya dibuat dalam bentuk kalimat yang terkait dengan tema yang sudah dipilih.

Topik dapat diuraikan menjadi lebih rinci, bersifat umum, dan belum menggambarkan sudut pandang dari si penulis.

Untuk mencari referensi topik sebelum menulis, Kamu bisa menemukanya dari beberapa sumber di internet yang terkait dengan tema yang sudah dipilih.

Apa Itu Judul dalam Penulisan Digital?

Setelah menemukan tema, lalu menentukan topik yang berkaitan dengan tema tersebut, si penulis tinggal membuat judul dengan lebih spesifik.

Judul akan menggabungkan antara tema dengan topik yang sudah dipilih tadi. Judul bukan berarti menulis kembali topik yang sudah ditentukan.

Menulis judul artikel, judul karusel, atau judul blog harus mengandung permasalah yang lebih jelas, terarah, serta related dengan apa yang dialami pembaca atau audiens dari tulisan yang akan Kamu buat.

Contoh Tema, Topik, dan Judul

Nah, gimana, sudah mulai mendapatkan gambaran tentang tema, topik, dan judul dalam tulisan ? agar lebih jelas lagi, kita langsung saja ke contohnya:

Misalnya, Kamu adalah seorang Content writer yang akan menulis artikel dengan Tema Aplikasi Tik tok. Topik dari tema tersebut adalah Cara menambah follower Tik Tok, dan judul yang ditulis adalah 5 Cara Menambah follower Tik Tok Secara Gratis dan Mudah.

Gambaran Menentukan tema, topik, dan judul


Khusus bagi kamu yang memang sering menulis di platform digital, sebagai Content writer, Copywriter, atau Script writer, pastikan kalau topik yang dipilih adalah Keyword yang bisa terbaca oleh Google mesin pencari ya. 

Selain itu, topik yang menjadi keyword tersebut juga wajib ditulis atau menjadi bagian dari judul artikel yang dibuat. tujuannya, agar memudahkan artikel ditemukan oleh pembaca yang sesuai. 

untuk menemukan keyword dengan mudah, kalau Kamu masih pemula, cari saja di kolom Google penelusuran terkait yang berada di bagian bawah kolom pencarian.

Jika sudah mulai terbiasa, maka gunakan tools riset keyword yang banyak digunakan para Content writer atau SEO content writer, seperti Ubbersuggest, keywordtools.io, SEMrush, dan lain lain. 

Nah, gimana nih sudah faham belum tentang perbedaan tema, topik, dan judul dalam penulisan digital? agar lebih mudah mengerti, langsung saja mulai menulis untuk praktiknya ya. 

Silahkan tinggalkan komentar kalau masih ada yang ditanyakan, nanti Akan aku jawab ya.

Thank you for reading, have a nice day!!




Assalamualaikum, Salam Kenal :) Saya seorang Freelancer dengan fokus menjadi Penulis dan Pembuat Konten. Saya suka dunia menulis digital dan sering curhat pengalaman dalam bidang tersebut melalui Tiktok dan Instagram.

Komentar