Langsung ke konten utama

Halaman

Book Review: Beyond Mars and Venus ( Belajar Skill Baru dalam Relationship )

 




Bagaimana ya membangun hubungan yang ideal di zaman yang makin kompleks seperti sekarang ini? jawabanya adalah pelajari skill baru dalam menjalin hubungan cinta dengan pasangan. 

Hi, Selamat datang di Blog saya, thank you sudah mau klik link Dan menuju ke sini. Siapa tahu, dari review buku ini, Kamu bisa mendapatkan insight baru untuk kehidupan cinta yang lebih baik.

Menjalin hubungan dengan pasangan, baik itu masih pacaran atau sudah menikah, memang tidak mudah ya. Belum lagi perasaan "Trust issue" karena maraknya kasus perselingkuhan para artis yang viral itu.

Kalau Kamu pernah membaca buku " Men are from Mars, Women are from Venus", bakalan nyambung sih ke buku Beyond Mars and Venus yang juga masih ditulis oleh John Gray, dan akan kita review nih.

Review Buku Beyond Mars and Venus 

Sekilas membaca buku ini, Aku tertarik sama tulisan authornya yang bilang kalau " Dunia ini sudah berubah, maka pola hubungan Pria dan Wanita modern saat ini juga harus berubah ".

Relationship diantara Pria dan Wanita modern tidak bisa disamakan dengan zamanya Ayah dan Ibu kita apalagi zaman kakek dan nenek kita dahulu. 

Menurut John Gray, menjalin hubungan yang ideal di masa modern saat ini tidak sulit, asalkan kamu tahu skill-nya. 

Skill bukan hanya dibutuhkan ketika hendak melamar kerja, tetapi juga dalam menjalin hubungan dengan pasangan. Berikut ini beberapa skill yang mesti kamu miliki saat menjalin hubungan??:

Komunikasi yang Efektif

berkomunikasi dalam hal ini adalah ngobrol secara terbuka dan jujur dengan pasangan. Dengarkan dengan penuh perhatian, lalu ungkapkan kebutuhan dan perasaan kamu dengan jelas.

Kamu dan Pasangan juga harus bisa memahami sudut pandang masing-masing. Kalian adalah sosok manusia yang berbeda karakternya, coba pahami apa perbedaan itu dan harus saling mengerti satu sama lain. 

Saling Pengertian

masih lanjutan dari skill komunikasi, kamu dan pasangan yang saling perhatian, lama-lama akan saling menghargai perbedaan karakter diri masing-masing. 

selain itu, sebagai pasangan juga kalian harus saling menghormati. hal ini justru dapat semakin memperkuat hubungan cinta kalian. 

Memahami Kebutuhan Emosional

Setiap pasangan memiliki kebutuhan emosional yang berbeda satu sama lainnya. dalam hal ini penting untuk memahami kebutuhan emosional tersebut satu sama lainnya. 

Kebutuhan itu seperti memberikan perhatian, kasih sayang, pengakuan, dan dukungan. Bukan lebay, tapi hal-hal seperti ini adalah kebutuhan emosional yang harus dipenuhi dalam sebuah relationship.

Dengan memberikan dukungan emosional, kamu dan pasangan menjadi lebih banyak bicara jujur, meningkatkan keintiman, dan masing-masing individu bisa lebih bebas berekpresi tentang dirinya sendiri. 

Pemberian dan Penerimaan

Istilah " give and take " dalam realtionship menurut John Gray wajib dilakukan oleh kedua pasangan. Pemberian dan penerimaan harus terjadi secara seimbang.

setiap pasangan harus saling mendukung, memberikan dukungan fisik dan emosional. Jika memang pasangan Anda memberikan sedikit perhatian, maka berikanlah perhatian lebihnya pada diri sendiri. 

Sebaiknya tidak menuntut bahagia dari pasangan, tapi berilah kebahagiaan banyak untuk diri sendiri. Ketika berpasangan, kebahagiaanmu akan lebih bermakna. 

Manajemen Konflik yang Bijaksana

Konflik akan selalu hadir dalam kehidupan berpasangan, maka dari itu penting untuk belajar menghadapi konflik tersebut dengan cara yang sehat.

Cobalah kamu dan pasangan saling mengungkapkan perasaan enak atau tidak enak dengan cara yang sopan, dengarkan dengan empati, lalu cari solusinya bersama. 

Buku Beyond Mars and Venus ini, cocok dibaca oleh kamu yang masih single dan masih sibuk punya banyak gebetan sana-sini. Coba baca, supaya kamu jadi pasangan yang lebih baik nantinya. 

kamu yang sedang dalam relationship juga cocok membaca buku ini, karena bisa sambil praktik langsung dengan pasangan secara bertahap tentunya. 

Pasangan yang setia di zaman yang sudah komplek seperti ini sebenarnya masih ada kok. 

Jika kamu ingin belajar menjadi orang yang setia dan memiliki hubungan yang baik dengan pasangan, segera dapatkan buku ini sebagai pedoman perjalanan cintamu. 

Rating Saya : 7.0

Alasan: 

Karena buku versi originalnya dalam bahasa Inggris, sehingga ketika membaca versi terjemahannya, banyak kalimat yang rancu saat dibaca menurut saya. 

Dari sisi insight, buku ini cukup mudah dipahami oleh pasangan dewasa yang saat ini sedang menjalin hubungan. Semoga memberikan pelajaran baru yang bermanfaat. 







Assalamualaikum, Salam Kenal :) Saya seorang Freelancer dengan fokus menjadi Penulis dan Pembuat Konten. Saya suka dunia menulis digital dan sering curhat pengalaman dalam bidang tersebut melalui Tiktok dan Instagram.

Komentar